Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Iran Kecam Kudeta Mesir

Senin 08 Jul 2013 11:14 WIB

Red: A.Syalaby Ichsan

Aksi unjuk rasa para pendukung Presiden Muhammad Mursi di Nasser City, Kairo, Mesir, Kamis (4/7).    (AP/Hassan Ammar)

Aksi unjuk rasa para pendukung Presiden Muhammad Mursi di Nasser City, Kairo, Mesir, Kamis (4/7). (AP/Hassan Ammar)

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran mengecam  penggulingan pemerintah yang berorientasi Islam di Mesir dan campur tangan militer dalam urusan politik di Negeri Piramida itu. Terlebih, adanya penangkapan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Mesir.

Di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan pada Ahad, Kementerian Luar Negeri Iran menyampaikan keprihatinan mengenai penangkapan baru-baru ini atas sejumlah tokoh politik di Mesir, kata stasiun TV resmi, IRIB.

Presiden terpilih Mesir Muhammad Mursi digulingkan pada Rabu (3/7) oleh Angkatan Bersenjata Mesir, setelah protes di seluruh negeri tersebut guna menentang dia. Setelah itu, Mursi dan beberapa pemimpin Ikhwanul Muslimin ditahan oleh militer.

Kementerian Luar Negeri Iran memperingatkan, soal  rencana rezim Zionis terhadap rakyat Mesir. Iran pun menyeru rakyat Mesir agar berhati-hati terhadap rencana itu dan mengenai penyalahgunaan oleh rejim oportunis (Israel) atas perkembangan belum lama ini di Mesir.

Dilaporkan Xinhua, Pemerintah Iran menyatakan, kerusuhan telah mengakibatkan kekerasan dan membahayakan solidaritas dalam negeri dan persatuan nasional di Mesir.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan kepada kantor berita Iran, IRNA, campur tangan militer yang mengakibatkan penggulingan Moursi adalah tindakan tidak layak.

Menurutnya, demokrasi jalanan tidak mendukung bagi demokrasi dan bukan cara yang layak bagi militer untuk mencampuri urusan politik sera menggulingkan pemerintah yang memperoleh wewenang melalui pemilihan umum.

"Mesir saat ini menghadapi dua masalah; satu adalah tuntutan masyarakat yang mesti ditanggapi dan yang lain adalah ketidak-efektifan Pemerintah Mursi dalam kebijakannya," kata Araqchi.

Dia menambahkan, Keutuhan wilayah, solidaritas, perdamaian dan kestabilan Mesir sebagai salah satu negara paling penting di Dunia Islam sangat penting bagi Iran. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA