Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Ahli Energi: Sanksi terhadap Iran Sia-sia, Justru Rugikan Eropa

Kamis 01 Mar 2012 06:31 WIB

Red: Endah Hapsari

PM Italia Mario Monti

PM Italia Mario Monti

Foto: reuters

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah laporan  yang mengutip para ahli energi mengatakan bahwa sanksi terhadap Iran tidak berguna dan hanya akan merugikan perusahaan-perusahaan Eropa di Italia dan lainnya. Hal ini diberitakan kantor berita resmi Italia, ANSA.

Hal ini juga diakui oleh Perdana Menteri Italia Mario Monti. Dia menegaskan Roma tidak mampu mematuhi keputusan Uni Eropa tersebut, karena Italia saat ini merasa terjepit akibat sanksi minyak Iran.

Mengacu pada tingginya volume perdagangan antara Tehran dan Roma, laporan itu menambahkan bahwa embargo Iran mungkin akan mengakhiri kehadiran lama perusahaan-perusahaan Italia di Iran, yang akan diganti dengan perusahaan Turki dan Cina.

Menurut ANSA, penerapan sanksi baru Uni Eropa terhadap Iran akan memicu terjadinya pemangkasan 30 ribu lapangan kerja di Italia.

Pada tanggal 23 Januari Menteri Luar Negeri Uni Eropa menyetujui sanksi baru terhadap Iran yang bertujuan melarang negara anggota mengimpor minyak mentah dari Iran, dan melakukan transaksi dengan bank sentral negara itu.

Uni Eropa mempertimbangkan jangka waktu selama enam bulan sebelum sanksi sepenuhnya diberlakukan untuk memberikan kesempatan bagi negara-negara anggota menemukan negara baru pemasok minyak mentah.

Sumber : IRIB/IRNA
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA