Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Cuek Rencana Uni Eropa, Cina Kirim Dua Super Tanker untuk Angkut Minyak

Rabu 25 Jan 2012 07:46 WIB

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,TEHERAN-- Cina telah menunjukkan minat yang lebih dalam dengan minyak Iran dengan mempekerjakan setidaknya dua supertanker untuk mengapalkan minyak dari negara itu.

Penelitian Clarkson Services Ltd, sebuah unit dari shipbroker terbesar di dunia,mengumumkan dua supertanker telah dipesan untuk membawa sekitar 2 juta barel minyak mentah dari Iran ke Pulau Khark, Cina.

"Qi Lian San, supertanker pembawa minyak mentah besar berlabuh didekat Singapura, kapal ini dipesan untuk memuat 270.000 ton minyak mentah, perjalanan dimulai dari 3 Februari hingga 5 Februari dengan membawa kargo ke Pulau Khark, China," kata Clarkson.

Pedagang minyak China, Zhuhai Zhenrong Co, juga memakai sebuah kapal tak dikenal yang dimiliki oleh National Iran Tanker Co untuk memuat 265.000 ton minyak mentah di Pulau Khark pada 29 Januari mendatang dan berlayar ke kota pelabuhan Ningbo, Cina.

"Dua kapal lainnya, Davar dan Hoda, yang disebut di terminal minyak Iran, juga menuju Cina, " Lapor Bloomberg. Data Bea Cukai juga menunjukkan bahwa Cina mengimpor 2,4 juta metrik ton minyak mentah dari Iran bulan lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA