Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

AS Siapkan Operasi Sabotase Serang Iran

Senin 23 Jan 2012 06:41 WIB

Red: Endah Hapsari

Bendera Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat

Foto: anbsoft.com

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah majalah AS mengungkapkan konspirasi baru Washington terhadap Teheran. Dilaporkan Pentagon menempatkan pasukan komando khusus yang sangat terlatih di dekat perbatasan Iran untuk melakukan operasi sabotase.

Majalah Wired memublikasikan tulisan Spender Ackerman mengenai penempatan pasukan khusus AS yang beroperasi di dekat Iran. Menurut Ackerman, tim yang disebut Joint Special Operations Task Force-Gulf Coordinating Council (JSOTF-GCC) sekarang tinggal menunggu instruksi pusat.

Mengutip Mayor Rob Bockholt, Juru Bicara Operasi Pasukan Khusus di Timur Tengah,  Ackerman mengatakan bahwa keberadaan satuan tugas khusus itu dimulai pada pertengahan 2009, tidak lama setelah Iran menolak tawaran Presiden Barack Obama untuk berunding.

Sementara itu, Juru Bicara Kepala Komando Operasi Khusus AS mengatakan bahwa gugus tugas bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan semua Operasi Pasukan Khusus dan keterlibatan serta pelatihan dengan negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk Persia.

Menurut Ackerman, pejabat militer AS sejauh ini menolak untuk menjelaskan misi utama penempatan pasukan khususnya itu dengan alasan keselamatan personel yang terlibat dan misi tersebut. "JSOTF-GCC merupakan pilihan lain bagi AS di saat konflik semakin meningkat dengan Iran," pungkasnya.

Operasi khusus ini mengemuka di saat AS menghadapi krisis utang nasional melebihi 15 triliun dolar AS, setelah satu dekade perang mahal di Afghanistan dan Irak. Kini AS sedang mempersiapkan pemangkasan anggaran pertahanan sebesar 487 miliar dolar AS selama 10 tahun ke depan

sumber : IRIB/IRNA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA