Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Senin, 9 Zulhijjah 1439 / 20 Agustus 2018

Sejarah Hari Ini: Turki Invasi Siprus

Kamis 20 Juli 2017 13:39 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah

Pos penjagaan Turki di perbatasan Siprus Utara.

Patung lilin Bruce Lee

Foto:

Bruce Lee Meninggal di Usia 32 Tahun

Pada 20 Juli 1973, aktor dan ahli bela diri Bruce Lee meninggal dunia di Los Angeles pada usia 32 tahun. Ia diduga menderita gangguan otak yang mungkin disebabkan oleh reaksi terhadap obat penghilang rasa sakit yang sering dikonsumsinya.

Dilansir dari History, Jun Fan (Bruce) Lee lahir pada 27 November 1940 di San Francisco, California. Pada saat itu, ayahnya yang berprofesi sebagai seorang bintang opera Cina, sedang melakukan tur di Amerika Serikat. Keluarganya pindah kembali ke Hong Kong pada 1941.

Lee tumbuh dewasa sebagai seorang aktor anak-anak yang telah membintangi sekitar 20 film Cina. Dia juga belajar menari dan berlatih Wing Chun gung fu (dikenal sebagai "kung fu").

Pada 1959, Lee kembali ke Amerika untuk meneruskan sekolah di University of Washington dan membuka sekolah seni bela diri di Seattle. Pada 1964, Lee menikahi Linda Emery, yang kemudian melahirkan Brandon Lee pada 1965.

Lee kembali ke Hong Kong pada awal 1970-an dan berhasil menjadikan dirinya sebagai bintang Asia dengan film aksi The Big Boss (1971) dan The Way of the Dragon (1972). Film Enter the Dragon yang dirilis Warner Bros pada Agustus 1973, bahkan ditulis, disutradarai, dan dibintangi sendiri olehnya.

Tragisnya, Lee meninggal satu bulan sebelum film tersebut dirilis. Enter the Dragon berhasil merajai Box Office dan meraup keuntungan lebih dari 200 juta dolar AS. Film ini membuat mendiang Bruce Lee menjadi salah satu ikon film Amerika.

Kematian Lee yang mendadak di usia muda menyebabkan munculnya desas-desus dan spekulasi tentang penyebab kematiannya. Satu spekulasi mengatakan, Lee telah dibunuh oleh gangster Cina. Sementara rumor lain yang beredar mengatakan aktor tersebut telah menjadi korban kutukan.

Desas-desus kutukan itu muncul kembali saat anak laki-lakinya, Brandon Lee, tewas dalam pengambilan gambar film The Crow. Brandon tewas di usia 28 tahun setelah terkena tembakan yang tidak disengaja di lokasi film pada 31 Maret 1991. Lee dimakamkan di samping ayahnya di Seattle Lake View Cemetery.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES