Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Sejarah Hari Ini: Raja Italia Dibunuh

Jumat 29 Jul 2016 06:27 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

Pada 29 Juli 1900, Raja Italia Umberto I ditembak mati oleh Gaetano Bresci, anarkis kelahiran Italia yang tinggal di Amerika.

Pada 29 Juli 1900, Raja Italia Umberto I ditembak mati oleh Gaetano Bresci, anarkis kelahiran Italia yang tinggal di Amerika.

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari ini tahun 1900, Raja Italia Umberto I ditembak mati oleh Gaetano Bresci, anarkis kelahiran Italia yang tinggal di Amerika. Raja Umberto dinobatkan jadi raja pada 1878.

Ia terkenal dengan kebijakannya menekan elemen radikal di masyarakat Italia yang dilakukan gerakan anarki.

Bresci adalah imigran di Amerika pada 1890-an untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Ia tinggal dengan keluarganya di Paterson, New Jersey. Kota ini adalah tempat berkembangnya radikal Italia-Amerika saat itu.

Hingga akhirnya Bresci terlibat di dalamnya. Ia mengorbankan waktu luang dan uangnya untuk mengembangkan koran anarkis, La Questione Sociale.

Kondisi di Italia yang miskin dan penuh kelaparan membuat Bresci ikut dalam gerakan membuat petisi untuk pemerintah. Pekerja melakukan demo namun Raja Umberto meminta pengunjuk rasa dibubarkan. Ia juga memerintahkan militer ikut campur.

Bresci kemudian memutuskan raja harus mati. Bresci yang berada di AS memutuskan pulang ke Italia pada Juli 1900 agar bisa lebih dekat dengan raja. Hingga pada satu titik ia bisa menembak raja.

Tiga peluru menyasar tubuh Umberto. Bresci ditangkap, dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman jadi buruh seumur hidup di Penjara Santo Stefano. Pada Mei 1901, ia ditemukan tewas di sel penjaranya, diduga melakukan bunuh diri.

Selanjutnya: Pernikahan Megah Pangeran Charles dan Diana

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA