Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Sejarah Hari Ini: Kecelakaan Nuklir Paling Serius dalam Sejarah AS

Senin 28 Mar 2016 05:30 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah

Kecelakaan nuklir paling serius dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di fasilitas nuklir Three Mile Island dekat Harrisburg, Pennsylvania, pada 28 Maret 1979

Kecelakaan nuklir paling serius dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di fasilitas nuklir Three Mile Island dekat Harrisburg, Pennsylvania, pada 28 Maret 1979

Foto: britannica.com

REPUBLIKA.CO.ID, Kecelakaan nuklir paling serius dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di fasilitas nuklir Three Mile Island dekat Harrisburg, Pennsylvania, pada hari ini 1979. Beruntung, krisis akibat bencana ini dapat dihindari dan tidak ada kematian atau cedera langsung dari kecelakaan itu.

History.com melaporkan, fasilitas Three Mile Island mulai beroperasi beberapa bulan sebelumnya pada 28 Desember 1978. Setelah operasi dimulai, masalah muncul.

Pada 28 Maret sekitar pukul 03.58 pompa yang mengeluarkan uap untuk turbin listrik pabrik berhenti bekerja, menyebabkan sirkulasi air terpompa. Tanpa air, suhu reaktor meningkat secara dramatis dan katup dibuka untuk menghentikan tekanan dari bangunan ke tingkat berbahaya.

Pihak berwenang tak menginformasikan ke publik kecelakaan ini hingga tiga jam pascakejadian. Bahkan ketika berita kecelakaan ini dirilis, mereka mengecilkannya. 

Tapi dalam beberapa hari, tingkat radiasi semakin tinggi. Selanjutnya, operator fasilitas masih berusaha untuk mengendalikan situasi.

Perempuan hamil dan anak-anak dievakuasi dari daerah itu. Akhirnya, pada 31 Maret, pekerja fasilitas mampu mengatasi masalah dan mengakhiri ancaman kehancuran. Kawasan itu dianggap aman pada 9 April.

Sebuah penyelidikan berikutnya dan laporan menyalahkan kombinasi kesalahan manusia dan kesalahan desain menjadi penyebab kecelakaan. Pada Maret 1984, perusahaan Metropolitan Edison mengaku bersalah dengan sengaja menggunakan metode uji tak akurat di pabrik sebelum kejadian.

Beberapa tahun setelah kecelakaan ini, ada kontroversi terkait apakah radiasi meningkat di Three Mile Island menyebabkan peningkatan kanker dan kematian bayi di daerah sekitarnya.

Selanjutnya: Perang Saudara di Spanyol Berakhir


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA