Senin, 14 Syawwal 1440 / 17 Juni 2019

Senin, 14 Syawwal 1440 / 17 Juni 2019

Presiden Palestina dan Mesir Segera Bertemu Bahas Israel

Sabtu 03 Nov 2018 03:32 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda

Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Foto: AP Photo/Richard Drew
Pembicaraan soal Palestina-Israel sempat tersendat pada 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan bertemu di kota Mesir Sharm El Sheikh pada akhir pekan ini. Pertemuan ini dilakukan untuk membahas perkembangan terakhir yang berkaitan dengan isu Palestina.

Dilansir Anadolu Agency, Sabtu (3/11), berdasarkan sebuah sumber yang dekat dengan Abbas, kedua pemimpin itu akan bertemu di sela-sela Forum Pemuda Dunia yang akan digelar pada Sabtu di Sharm El Sheikh.

Kunjungan Abbas ke Kairo Mesir itu hanya selang beberapa hari setelah dirinya berkunjung ke Muskat, Ibu Kota Oman. Di Oman ini, Abbas melakukan pertemuan dengan Sultan Oman, Qaboos bin Said Al Bu Said.

Pada pertemuan mereka di Muskat, kedua pemimpin membahas proses perdamaian Palestina-Israel dan keputusan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pada Kamis (1/11) kemarin waktu setempat, Duta Besar Palestina untuk Mesir Diab al-Louh menyebutkan Abbas akan tiba di Kairo pada Jumat sore waktu setempat, di mana ini adalah waktu sebelum bertemu al-Sisi pada hari berikutnya di Sharm El Sheikh.

Untuk diketahui, pembicaraan soal Palestina-Israel sempat tersendat pada 2014. Sebagian besar karena penolakan Israel untuk menghentikan pembangunan unit pemukiman Yahudi di tanah Palestina. September lalu, Abbas siap melanjutkan pembicaraan damai dengan Israel, baik secara tertutup atau terbuka.

Namun beberapa hari lalu, Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat mengatakan Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah berencana memutuskan hubungan dengan Israel yang mana ini sejalan dengan keputusan sebelumnya oleh Dewan Pusat Palestina.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA