Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

Monday, 4 Safar 1442 / 21 September 2020

Menlu Palestina akan Kunjungi Indonesia, Ini Agendanya

Selasa 25 Sep 2018 19:52 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Riyad al-Maliki. (ANTARA/Fanny Octavianus)

Riyad al-Maliki. (ANTARA/Fanny Octavianus)

Foto: Antara/Fanny Octavianus
Riyad al-Maliki akan hadir dalam acara pekan solidaritas Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki akan mengunjungi Indonesia pada pertengahan Oktober 2018. Ia akan hadir untuk menghadiri pekan solidaritas Palestina.

Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir menyebut kedatangan Menlu Palestina akan menegaskan kembali dukungan Indonesia untuk segera mengakui Palestina sebagai satu negara merdeka. "Sekaligus untuk meningkatkan sinergi sebab bukan hanya pemerintah tetapi publik Indonesia juga perlu menunjukkan dukungan kepada Palestina," kata Wamenlu ditemui usai konferensi pers penyelenggaraan Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia (WCCE) di Jakarta, Selasa (25/9).

Selain pertemuan-pertemuan formal antara pejabat kedua negara, pekan solidaritas Palestina juga akan diisi dengan diskusi dan aksi pada saat hari bebas kendaraan bermotor. Ini untuk semakin meningkatkan kesadaran publik terkait isu Palestina.

Dorongan agar komunitas internasional segera mengakui kemerdekaan Palestina juga akan disuarakan oleh Indonesia dalam Sidang Majelis Umum PBB pada 27 September 2018, saat Presiden Mahmoud Abbas menyampaikan aspirasi rakyat Palestina.

"Indonesia berkomitmen berdiri bersama Palestina untuk mencapai perwujudan negara merdeka Palestina dengan Solusi Dua Negara (two state solution), kata Direktur Kawasan Timur Tengah Kemlu Sunarko dalam acara bertema "Solidaritas dan Dukungan untuk Presiden Mahmoud Abbas" yang diadakan di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Senin (24/9).

"Kami akan tetap menyuarakan komitmen kepada forum, komunitas, dan organisasi internasional untuk memberikan keanggotaan penuh bagi Palestina di organisasi internasional," ucap Sunarko.

Dia menambahkan, saat Indonesia resmi menjabat sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020, pemerintah RI akan terus memperkuat dukungan bagi Palestina untuk meraih kemerdekaan.

Menanggapi dukungan dari Indonesia tersebut, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Alshun menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan rakyat Indonesia atas dukungan penuh yang diberikan bagi Palestina. "Kami akan terus memberi perhatian penuh dan menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah Indonesia atas segala bentuk dukungan yang diberikan kepada Palestina," ujar Dubes Alshun

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA