Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Iran Tawarkan Teknologi Roket ke Hamas

Jumat 25 Jul 2014 14:35 WIB

Rep: Niken Paramita/ Red: M Akbar

Iron Dome Israel melepaskan tembakan untuk menangkal gempuran roket-roket Gaza. (ilustrasi)

Iron Dome Israel melepaskan tembakan untuk menangkal gempuran roket-roket Gaza. (ilustrasi)

Foto: Reuters/Amir Cohen

REPUBLIKA.CO.ID, IRAN -- Iran tawarkan bantuan teknologi roket ke Hamas untuk menghujani Israel dari Gaza. Teheran selama ini sering menawarkan dukungan finansial dan material kepada Hamas serta pejuang jihad Islam, tetapi jarang bantuan militer.

''Hari ini para pejuang di Gaza memiliki kemampuan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri untuk senjata,'' ujar juru bicara parlemen Iran, Ali Larijani, yang dilansir Israel National News, Jumat (25/7).

''Tapi sesekali mereka membutuhkan senjata dan kami memberikan kepada mereka,'' tambahnya.

Dalam konflik besar terakhir di Gaza pada November 2012 lalu, Larjani mengatakan, Iran bangga karena berikan dukungan keuangan dan militer untuk Hamas.

Sebelumnya, Israel menuduh Iran memasok militan gaza dengan rudal Fajr-5 yang memiliki jangkauan hingga 75 kilometer (45 mil) yang digunakan Hamas dalam agresi militer.

Hamas menembakkan jenis rudal ini ke Tel Aviv dan Yerusalem bahkan pada 2012 lalu. Fajr-5 diledakkan di daerah terbuka dan menyebabkan luka fisik dan kerusakan.

Namun, Komandan Garda Revolusi Iran, Jenderal Mohammad Ali Jafari, mengaku waktu itu bukan rudal yang diberikan ke Hamas tetapi teknologi mereka.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Rabu menyerukan warga Palestina untuk terus berjuang melawan Israel dan memperluas perlawanan mereka dari Gaza ke Yudea dan Samaria.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA