Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Peneliti Coba Ungkap Siapa Monalisa yang Dilukis Da Vinci

Sabtu 26 Sep 2015 05:32 WIB

Red: Ani Nursalikah

Peneliti membongkar makam di gereja Saint Ursula untuk mengetahui siapa sosok Monalisa sebenarnya dalam lukisan Da Vinci.

Peneliti membongkar makam di gereja Saint Ursula untuk mengetahui siapa sosok Monalisa sebenarnya dalam lukisan Da Vinci.

Foto: telegraph

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Model dalam karya Leonardo da Vinci, yang biasa disebut Monalisa hingga saat ini masih menjadi misteri besar. Berbekal dari novel thriller karangan Dan Brown, tim peneliti dari Italia yang dipimpin Silvano Vinceti mulai melakukan penelitian untuk memecahkan salah satu misteri terbesar dalam seni di dunia tersebut.

Mereka ingin meneliti model yang berpose dalam salah satu lukisan paling terkenal di dunia itu. Mereka menghabiskan waktu sekurang-kurangnya empat tahun tinggal di sebuah biara yang berusia berabad-abad di Florence.

Akhirnya kini mereka memusatkan perhatian pada koleksi tulang yang mereka percaya mungkin milik Lisa Gherardini, istri pedagang sutra Florentine yang banyak dipercaya ilmuwan adalah model untuk karya Leonardo itu.

Mereka mengungkapkan pada Kamis (24/9) waktu setempat hasil penelitian karbon menunjukkan tulang-tulang, termasuk tulang paha memiliki waktu yang sama sekitar Gherardini meninggal pada Juli 1542, pada usia 63 tahun.

Catatan sejarah menunjukkan Gherardini, yang menghabiskan tahun terakhirnya di pengasingan agama di biara Saint Ursula di Florence ketika meninggal dimakamkan di tempat itu pula.

"Saya yakin itu adalah dirinya. Ada kompatibilitas yang kuat antara hasil dari penelitian arkeologi dan sejarah kami dan hasil dari penanggalan karbon. Hal ini sangat mungkin sisa-sisa tulang tersebut milik Lisa Gherardini," kata Silvano Vinceti, seorang sejarawan seni yang memimpin tim peneliti, menurut Telegraph, Jumat (25/9).

Namun itu belum menjadi bukti yang cukup kuat untuk klaim tersebut. Menurut para ilmuwan terdapat puluhan orang terkubur dalam biara itu selama beberapa dekade. Meskipun penaanggalan karbon sudah menunjukkan waktu yang mirip dengan kematian Gherardini, bisa jadi tulang-tulang tersebut milik orang lain.

Terlebih mereka belum menemukan tengkorak dari tulang-tulang tersebut yang bisa digunakan untuk mendeteksi bentuk wajah seperti dalam lukisan senyum samar tersebut.

Beberapa pendapat lain juga pernah mengatakan model dalam lukisan Da Vinci tersebut adalah potret diri Leonardo. Ada yang berpendapat itu adalah lukisan seorang pelacur.

Ada pula yang berpendapat bahwa lukisan tersebut adalah seorang wanita bangsawan Spanyol. Bahkan jika dikaitkan dengan Salai, mungkin model tersebut adalah kekasihnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA