Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Pengguna Internet Ditangkap Usai Unggah Menu Satwa Liar

Selasa 20 Feb 2018 10:32 WIB

Red: Esthi Maharani

Trenggiling

Trenggiling

Foto tersebut menunjukkan kaki beruang, trenggiling dan buaya disiapkan di dapur

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Seorang pengguna internet di Kota Changsha, China, ditahan selama lima hari setelah mengunggah foto-foto pesta jamuan Hari Raya Imlek dengan menu satwa liar yang terancam punah. Foto-foto yang diunggah pemilik akun Sina Weibo bermarga Rao menunjukkan kaki beruang, trenggiling dan buaya yang sedang dipersiapkan di dapur.

Unggahan foto tersebut dilengkapi dengan kalimat "Pesta makan malam Imlek di rumah orang lain", demikian polisi Changsha di akun WeChat-nya, Selasa (20/2). Unggahan tersebut tersebar dan terbaca secara luas. Bahkan pada saat foto tersebut diunggah, jumlah pengikut akun pelaku di Facebook-nya masyarakat China itu mencapai angka 284.000.

Menurut keterangan polisi Changsha, Rao mengunduh foto-foto tersebut. Namun dia tidak memverifikasi foto-foto tersebut sebelum mengunggahnya dengan memberikan tulisan "Pesta makan malam Imlek di rumah orang lain" di akun Weibo-nya.

Kepolisian Kehutanan yang bermarkas di Ibu Kota Provinsi Hunan tersebut telah melacak sumber foto-foto tersebut, Ahad (18/2). China baru saja mengamandemen Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar yang berlaku efektif per Januari 2017.

Undang-undang baru itu menyebutkan larangan perburuan dan perdagangan berbagai jenis satwa liar di seluruh pelosok daratan Tiongkok. Pelanggaran atas undang-undang tersebut dapat dikategorikan sebagai tindak kejahatan dengan hukuman berat, tulis Global Times.

Aparat berwenang di China saat ini juga gencar melakukan razia perdagangan gading gajah. Negara berpenduduk terbanyak di dunia itu dikenal sebagai pasar terbesar penjualan gading gajah secara ilegal.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA