Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Kamis, 6 Zulqaidah 1439 / 19 Juli 2018

Cuaca Buruk Buat Hiu Beku

Kamis 11 Januari 2018 04:15 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

hiu

hiu

Foto: Cape Cod Times

REPUBLIKA.CO.ID,  BOSTON -- Cuaca yang dingin membuat banyak hewan merasa kewalahan. Kali ini hiu yang berada di wilayah Massachusetts, Amerika Serikat beku dan mati.

Menurut Cape Cod Times, empat hiu monyet atau alopias ditemukan beku di perairan dekat Wellfleet. Peneliti hiu dari Atlantic White Shark Conservancy belum sempat melihat lebih dekat karena pasang surut dan kondisi es di dekat tubuh hiu.

Hiu moyet yang menonjol dengan ekor berbentuk sabit diketahui para ahli jika spesies tersebut mengikuti mangsanya. Hanya saja, hiu ini tidak bisa menangani suhu dingin yang baru-baru ini mengganggu daerah Cape Cod. Periset hiu mengatakan kepada Cape Cod Times, hewan tersebut kemungkinan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan panas yang cukup untuk menjaga agar organ vital tetap sehat di air di bawah 6 derajat celcius. Suhu air di daerah empat hiu beku ditemukan kurang dari 5 derajat celcius selama lebih dari satu minggu.

Biasanya hiu monyet berenang ke selatan di musim dingin ke perairan Carolina yang lebih hangat. Berdasarkan informasi pemberian satelit, para ahli mengetahui, banyak hiu monyet telah pindah ke selatan untuk musim ini. Periset menyatakan, hiu mati yang ditemukan di dekat Cape Cod bisa saja tersesat atau bingung selama perjalanan mereka, membiarkan mereka terjebak di dekat Massachusetts saat cuaca brutal terjadi.

Sementara direktur program untuk Atlantic White Shark Conservancy Michelle Wcisel memahami jika akan banyak masyarakat ingin melihat makhluk tersebut. Namun, diharapkan keinginan tersebut ditahan saja.

"Ini berbahaya, benar-benar buruk. Kami benar-benar tidak ingin orang mencoba dan pergi ke sana," kata Wcisel dikutip dari People, Kamis (11/1).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA