Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Nabi Muhammad Dihina, Ini Balasan Muslim Indianapolis

Jumat 21 Jul 2017 05:20 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Teguh Firmansyah

Papan reklame yang meledek Nabi Muhammad SAW di Indianapolis

Papan reklame yang meledek Nabi Muhammad SAW di Indianapolis

Foto: Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, INDIANAPOLIS – Satu bulan setelah papan iklan besar berisi hinaan terhadap Nabi Muhammad dipajang di Indianapolis, komunitas Muslim setempat memberikan balasan. Balasan itu berisi ajakan persuasif yang kepada masyarakat mengenal Islam dan Nabi Muhammad lebih dekat.

Mereka memasang papan reklame berjudul 'Truthful Man' atau manusia yang penuh dengan kebenaran sebagai penggambaran Nabi Muhammad.

Dalam papan itu juga dituliskan dengan huruf besar siapapun bisa memperoleh buku-buku tentang Islam dan Muhammad. “Dapatkan buku secara cuma-cuma. Hubungi 800-662-ISLAM,” demikian bunyi kalimat yang tertulis dalam bahasa Inggris dilansir dari laman USA TODAY, Kamis (20/7).

GainPeace adalah kelompok Muslim yang menggagas ide pemasangan billboard ini. Dipasangnya papan iklan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang Nabi Muhammad. Iklan berlatar belakang warna putih itu rencananya dipasang sampai 30 Juli mendatang.

Selain lewat pemasangan iklan, kampanye lain yang dilakukan adalah dengan mengirimkan 15 ribu kartu pos tentang Nabi Muhammad. Sebuah video berdurasi 30 detik juga akan dirilis di sosial media. Alasan kuat yang mendasari kampanye ini adalah keberadaan umat Muslim di AS yang mengalami diskriminasi dan menjadi korban pelecehan.

Penelitian dari California State University menemukan bahwa peristiwa kriminal yang melibatkan isu anti Muslim naik 78 persen di AS sejak 2015.

“Penyerangan terhadap kaum Muslim disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai Islam dan Nabi Muhammad,” kata Direktur Eksekutif GainPeace, Sabeel Ahmad. Oleh karenanya GainPeace menawarkan kesempatan kepada warga non Muslim di AS untuk mengajarkan lebih dalam dari sumber utamanya yakni Alquran.

Sebuah papan besar bernada provokatif terpasang di Indianapolis Juni lalu.  Meski tidak secara eksplisit menghina Nabi Muhammad, namun kalimat baliho berjudul The Perfect Man diyakini menyindir Nabi Muhammad dan Islam. Tak lama baliho tersebut langsung menuai protes masyarakat Muslim.

Baca juga,  Papan Reklame di Indianapolis AS Hina Nabi Muhammad,

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA