Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Pasien Kanker Berhasil Taklukkan Puncak Everest

Rabu 07 Juni 2017 03:54 WIB

Rep: Dyah Ratna Metha Novia/ Red: Andri Saubani

Puncak Gunung Everest.

Puncak Gunung Everest.

Foto: AP Photo/Kevin Frayer

REPUBLIKA.CO.ID, EVEREST – Pasien kanker stadium akhir yang telah diberitahu dokter bahwa hidupnya tinggal beberapa bulan saja berhasil menaklukkan Gunung Everest. Ian Toothill (47 tahun) mengatakan, ia yakin ia adalah pasien kanker pertama yang berhasil  menaklukkan gunung tertinggi di dunia.

Melalui Twitter-nya, Toothill mengatakan, “Tidak ada yang bisa dilihat di sini, hanya beberapa penggemar pria penderita kanker”. Ia menuliskan hal itu di atas puncak Everest.

Toothill merupakan pelatih fisik pribadi dari  Sheffield yang tinggal di Willesden Green di London. Ia memiliki pengalaman mendaki Himalaya.

Pada 2015 Toothill didiagnosis menderita penyakit kanker usus. Ia telah sembuh namun ternyata takdir berkata lain, penyakit kankernya muncul kembali.

Toothill bercerita, ia diberi tahu bahwa hidupnya tinggal beberapa bulan lagi. "Saya bertekad untuk membuktikan apapun itu mungkin," katanya dilansir BBC, Rabu, (7/6).

Toothill berhasil mencapai puncak Everest pada 5 Juni 2017. Ini merupakan prestasi yang sangat mengagumkan mengingat banyak pendaki meninggal sebelum mencapai puncak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jembatan Rubuh di Italia, Puluhan Tewas

Rabu , 15 Agustus 2018, 23:34 WIB