Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Wapres AS Berkunjung ke Indonesia, Ini Tujuannya

Jumat 07 Apr 2017 15:28 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Menlu Australia Julie Bishop bertemu Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Washington, Rabu (22/2).

Menlu Australia Julie Bishop bertemu Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Washington, Rabu (22/2).

Foto: ABC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence akan mengunjungi Indonesia pada 20-21 April dengan agenda utama memperkuat kerja sama bilateral strategis antara Indonesia dan AS.

"Wapres Mike Pence akan berada di Indonesia pada 20-21 April. Kunjungan itu menggarisbawahi betapa pentingnya hubungan Indonesia dan Amerika Serikat mengingat kedua negara merupakan negara demokrasi terbesar," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat.

Direktur Amerika I Kementerian Luar Negeri Adam Tugio menyampaikan, kunjungan Mike Pence ke Indonesia dalam rangka lawatan itu ke negara-negara Asia-Pasifik. Indonesia adalah negara ketiga yang dikunjungi setelah Korea Selatan dan Jepang. Setelah dari Indonesia, Mike Pence akan melanjutkan perjalanan ke Australia.

Adam mengatakan kunjungan Wapres Mike Pence ke Jakarta itu juga menekankan pentingnya peran Indonesia dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara. "Dalam kunjungannya, Wapres Mike akan bertemu Presiden Joko Widodo lalu bertemu Wapres Jusuf Kalla dan Sekjen ASEAN," ujar dia.

Menurut Adam, pertemuan Wapres AS dengan Sekjen ASEAN itu menunjukkan pentingnya ASEAN sebagai pintu masuk bagi Amerika Serikat untuk menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

"Berdasarkan informasi dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Wapres Mike Pence juga akan melakukan pertemuan bisnis dengan para pengusaha nasional AS yang beroperasi di Indonesia," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA