Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Warga Belanda Berikan Suaranya Hari Ini

Rabu 15 Mar 2017 14:46 WIB

Red: Ani Nursalikah

PM Belanda Mark Rutte

PM Belanda Mark Rutte

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Warga Belanda memberikan suaranya dalam pemilihan umum, Rabu (15/3), beberapa hari usai perselisihan sengit dengan Turki.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dari partai sayap kanan Partai VVD harus membuktikan bisa berada di urutan pertama melawan Partai Kebebasan (PVV) pimpinan Geert Wilders yang anti-Islam.

Namun, jika Wilders kalah dalam pemilu Rabu, 25 Maret 2017, PVV tidak memiliki kesempatan membentuk pemerintahan karena semua partai menolak bekerja sama dengan Wilders.

Saat ini semua mata di Eropa kini tertuju pada Den Haag yang memulai pemilu pada 2017. Pemilu presiden selanjutnya akan terjadi di Prancis pada Mei. Marine Le Pen disebut sebagai kandidat kuat sebagai presiden.

Pada September, partai sayap kanan Jerman, Alternatif untuk Jerman (AfD) akan bertarung merebut kursi di Bundestag. Partai ini mengkritik kebijakan pengungsi Kanselir Jerman Angela Merkel.

Dilansir dari New Europe, Rabu, tidak akan ada partai yang akan memenangkan 20 persen suara. Terdapat 15 partai yang bertarung di Belanda. Jajak pendapat terakhir menunjukkan VVD mendapat 18 persen suara. Sedangkan PVV berada di urutan kedua dengan 16 persen.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA