Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

CIA Rilis 13 Juta Dokumen Secara Daring

Rabu 18 January 2017 22:01 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari

CIA atau Badan Inteliijen Pusat AS.

CIA atau Badan Inteliijen Pusat AS.

Foto: Flickr

REPUBLIKA.CO.ID, FAIRFAX -- Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) atau CIA telah merilis 13 juta dokumen secara daring untuk pertama kalinya, Rabu (18/1). Sejumlah dokumen yang diunggah ke dunia maya terdiri dari berbagai macam data.

Diantaranya adalah mengenai pertemuan intelijen, makalah penelitian, hingga adanya penampakan UFO, dan eksperimen psikis. Termasuk surat-surat dari Henry Kissinger, sekretaris AS saat masa jabatan Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford.

Kemudian, ada catatan pengujian dari selebritas Uri Geller pada 1973 lalu. Ia saat itu dikenal dengan kemampuan supranaturalnya dan dalam dokumen yang ditulis CIA ada rincian bagaimana hal itu sebenarnya dapat dilakukan dengan trik tertentu. Keseluruhan arsip dirilis intelijen Negeri Paman Sam secara lengkap dan terdiri atas sekitar 800 ribu berkas.

Sebelumnya, CIA telah mendapat tekanan untuk memudahkan banyak orang mengakses informasi yang sudah selayaknya boleh diketahui secara umum dari arsip mereka. Namun sejak 1990 lalu hal ini sangat sulit dilakukan.

Dalam dua tahun terakhir, permintaan terhadap CIA semakin meningkat. Salah satunya dari kelompok transparansi informasi MuckRock yang ingin agar badan intelijen dapat memperlihatkan arsip koleksi yang sudah layak diketahui secara umum, dikutip dari BBC.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES