Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Total Korban Tewas Pengeboman Baghdad Capai 324 Jiwa

Senin 01 Aug 2016 06:48 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Ilham

bom bunuh diri di baghdad

bom bunuh diri di baghdad

Foto: reuters

REPUBLIKA.CO.ID, AGHDAD -- Total korban tewas dalam insiden pengeboman bunuh diri di pusat Baghdad pada 3 Juli lalu meningkat. Per Ahad (31/8), Menteri Kesehatan Irak memastikan jumlah korban tewas mencapai 324 jiwa.

Menteri Kesehatan Irak Adela Hmod mengatakan jumlah tersebut masih mungkin untuk bertambah. Karena hingga saat ini, tim forensik masih melakukan proses identifikasi terhadap tubuh-tubuh korban lainnya.

Seperti dilansir Reuters, beberapa jumlah korban yang bertambah tersebut pada mulanya merupakan daftar korban yang hilang. Namun, melalui proses identifikasi, korban-korban hilang tersebut ditemukan di antara para korban tewas. Oleh karena itu, jumlah korban tewas yang semula 292 jiwa per 7 Juli lalu meningkat hingga 324 jiwa.

Pengeboman yang terjadi pada 3 Juli lalu ini diakui sebagai perbuatan kelompok militan ISIS. Banyaknya korban yang jatuh membuat insiden pengeboman ini menjadi pengeboman paling mematikan di Irak sejak upaya penangkapan Saddam Hussein oleh militer Amerika Serikat 13 tahun lalu.

Sebelumnya, ISIS diketahui kehilangan tanah kekuasaannya di Irak sejak tahun lalu. Militer Irak yang diperbantukan oleh Amerika Serikat dan juga milisi syi'ah yang didukung Iran merebut kota-kota yang telah dikuasai ISIS.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA