Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Warga Inggris Gelar Aksi Solidaritas untuk Pengungsi

Ahad 13 September 2015 05:35 WIB

Rep: C34/ Red: Citra Listya Rini

Pengungsi Suriah di Pulau Lesbos, Yunani.

Pengungsi Suriah di Pulau Lesbos, Yunani.

Foto: bbc

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Puluhan ribu warga Inggris berunjuk rasa di London, Sabtu (12/9), sebagai aksi solidaritas untuk pengungsi. Mereka mendesak pemerintah untuk berbuat lebih banyak membantu pengungsi Suriah.

Demonstrasi yang dihadiri oleh pemimpin oposisi yang baru terpilih, Jeremy Corbyn, itu berlangsung dengan rute pawai dari Hyde Park menuju Kantor Perdana Menteri (PM) David Cameron. Para demonstran mengacungkan spanduk bertuliskan: "Buka Perbatasan", "Pengungsi Masuk, Pendukung Partai Konservatif Menyingkir", dan lain-lain.

"Saya ingin mendukung para pengungsi," kata Deborah Flatley, salah seorang demonstran yang membawa poster buatan sendiri bertuliskan: "Kami mengagumi keberanian Anda. Anda layak mendapatkan kehidupan yang aman dan bahagia. Kami menyambut Anda di sini dengan tangan terbuka."

Pengunjuk rasa lain, Dusan Petkovic, mengatakan kepada AFP bahwa demonstrasi tersebut menyatakan bahwa sikap pemerintah terkait para pengungsi selama ini salah besar.

PM Cameron diketahui menolak ambil bagian dalam sistem kuota Uni Eropa untuk bersama-sama mengakomodir pengungsi yang telah mencapai Eropa. Pemerintah dianggap mengabaikan krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di dunia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES