Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Turki Bergabung Bantu Penyelamatan Pengungsi Rohingya

Rabu 20 May 2015 16:48 WIB

Rep: c26/ Red: Ani Nursalikah

Para perempuan pengungsi Muslim Rohingya.

Para perempuan pengungsi Muslim Rohingya.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pemerintah Turki ikut serta berperan menyelamatkan Muslim Rohingya yang terdampar di perairan Asia. Sebuah kapal militer Turki sudah menjalankan tugasnya di perairan Asia Tenggara mencari pengungsi yang melarikan diri dari Myanmar.

"Pemerintah telah menginstruksikan kapal militer Turki di wilayah tersebut dan bergabung dengan upaya internasional membantu para pengungsi Rohingya," kata Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu seperti dilansir Xinhua, Rabu (20/5).

Ratusan pengungsi Rohingya dilaporkan berlayar ke perairan teritorial Thailand di Laut Andaman sejak awal bulan ini. Selain itu banyak pula yang menuju Malaysia dan Indonesia untuk mencari tempat tinggal setelah konflik di negaranya.

PBB memperkirakan ribuan pengungsi masih berada di laut lepas. Mereka juga ditipu dan ditinggalkan penyelundup manusia yang awalnya memfasilitasi mereka melarikan diri dari negaranya.

Menurut data yang dirilis Komisi Tinggi PBB untuk pengungsi, lebih dari 25 ribu etnis Rohingya melarikan diri dari Myanmar dalam tiga bulan terakhir.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA