Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

AS akan Tingkatkan Bantuan Yordania Hingga Satu Miliar

Rabu 04 Feb 2015 12:18 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Julkifli Marbun

Militer Yordania

Militer Yordania

Foto: [ist]

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat mengumumkan rencananya untuk meningkatkan bantuan tahunan pada Yordania, dari 660 juta menjadi satu miliar dolar. Dana bantuan tersebut digunakan untuk membantu pengungsi dari Irak dan Suriah serta untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Seperti dikutip Ahram Online, kesepakatan tentang bantuan ditandatangani sebelum ISIS merilis video yang menunjukan aksi pembakaran pilot asal Yordania. Selama ini Yordania juga menjadi salah satu negara Arab yang ambil bagian dalam koalisi pimpinan AS.

Dalam pernyataan singkat, Departemen Luar Negeri AS mengatakan akan menyediakan dana sebesar satu miliar dolar per tahun ke Yordania. Masing-masing untuk tahun fiskal AS tahun 2015, 2016, dan 2017. Tahun fiskal AS berakhir pada 30 September.

"AS mengakui peningkatan kebutuhan mendesak Yordania akibat kerusuhan regional, Yordania tengah melakukan upaya melawan ISIS dan ideologi ekstremis lain dan terorisme di garis depan," kata Departemen Luar Negeri AS.

Bantuan ini diberikan untuk menangani kebutuhan Yordania yang luar biasa. Termasuk juga untuk menghadapi ketidakstbilan regional dan meningkatnya biaya energi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA