Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Sunday, 18 Zulqaidah 1440 / 21 July 2019

Pemimpin Pemberontak Ditangkap di Filipina Selatan

Senin 15 Dec 2014 17:24 WIB

Red: Julkifli Marbun

Filipina

Filipina

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA DAVAO -- Pasukan keamanan telah menangkap seorang pemimpin berpangkat tinggi dari kelompok pemberontak Tentara Rakyat Baru di Filipina selatan, kata pihak berwenang, Senin (15/12).

Satu pasukan gabungan dan tim polisi menangkap Jordan Donillo serta teman wanitanya pada Minggu di satu pos pemeriksaan di sepanjang jalan nasional di Desa Magnaga, Kota Pantukan, di Provinsi Lembah Compostela, Mindanao sekitar pukul 17.30 waktu setempat, menurut Vergel Lacambra, juru bicara Divisi Infanteri ke-10 Angkatan Darat.

Donillo yang menggunakan beberapa alias menghadapi serangkaian tuduhan kriminal sebagai komandan NPA Front 18 yang beroperasi di Compostela Valley, dan berhadiah 2,5 juta peso (56,800 dolar AS) untuk penangkapannya, kata Antonio Rivera, juru bicara kepolisian Mindanao Selatan.

Rivera mengatakan kepada Xinhua melalui pesan teks yang berwenang mampu merebut dari tersangka pistol, dua bom rakitan, telepon seluler dan barang-barang pribadi lainnya.

Para tersangka sekarang di bawah tahanan Polda untuk penyelidikan lebih lanjut.

Donillo adalah pemimpin pemberontak peringkat kedua ditangkap di Mindanao dalam beberapa bulan terakhir.

Oktober lalu, diduga kader lain NPA juga ditangkap di kota utara Tagum.

Berkekuatan 4.000-personel, NPA sayap bersenjata Partai Komunis Filipina, melakukan perang pemberontakan di 60 provinsi Filipina sejak tahun 1969.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA