Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Pemerintah Nigeria Tolak Penawaran Tukar Sandera

Selasa 13 Mei 2014 10:45 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Julkifli Marbun

Kecam aksi Boko Haram

Kecam aksi Boko Haram

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Dalam video yang diperoleh kantor berita AFP pada Ahad, Pemimpin Boko Haram tawarkan pertukaran siswi-siswi Chibok yang mereka culik dengan pembebasan militan Boko Haram dari penjara pemerintah. Senin, pemerintah Nigeria menolak tawaran tersebut.

Pemerintah bersikeras tidak setuju dengan permintaan pimpinan Boko Haram, Abubakar Shekau untuk membebaskan militan Boko Haram yang telah ditangkap dalam lima tahun terakhir. Menteri Dalam Negeri Abba Moro mengatakan Boko Haram tidak bermoral dengan menawarkan hal tersebut.

Dikutip dari BBC, Pemerintah Nigeria telah mengadakan perundingan pasca video tersebut dirilis. ''Pertukaran sandera tidak ada dalam pilihan, pemerintah tidak akan setuju dengan pertukaran dengan apa pun,'' kata Moro.

Moro mengatakan menukar warga tidak berdosa dengan orang-orang yang melawan negara itu bukan pilihan. Pemerintah lebih memilih terus mencari keberadaan mereka.

Dikutip dari Aljazirah, Amerika Serikat telah menerbangkan pesawat tanpa awaknya untuk memantau daratan Nigeria. Pencarian gadis-gadis Chibok yang diculik dilakukan dengan menggunakan video terbaru Boko Haram yang baru dirilis. Pentagon mengatakan mereka mencari petunjuk dari video tersebut.

Belum diketahui pesawat apa yang dioperasikan dan di mana ia dikerahkan.  ''Ahli interlegen kami sedang mencari petunjuk dari detail yang ada di video, hal itu mungkin bisa membantu upaya pencarian untuk membebaskan sandera,'' kata juru bicara departemen luar negeri, Jen Psaki.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA