Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Korut-Korsel Segera Resmikan Peninsula Club

Senin 17 Feb 2014 10:18 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Busan, Korea Selatan

Busan, Korea Selatan

Foto: WIKIPEDIA

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kerjasama untuk memperkuat dukungan internasional atas persatuan Semenanjung Korea jangka menengah dan jangka panjang akan diresmikan esok, Selasa (17/2).

Korea Times, Ahad (16/2), melaporkan kelompok kerjasama Korean Peninsula Club ini terdiri atas 21 duta besar di Korea Selatan yang menaruh perhatian kepada hubungan Korea Selatan dan Utara. Mereka adalah 15 dubes negara Eropa, Kanada, Meksiko, dan Uni Emirat Arab.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan Yun Byung-se direncanakan meresmikan langsung klub itu. Yun juga akan mengumumkan rencana kebijakan luar negeri pemerintah untuk jangka menengah hingga jangka panjang, termasuk hasil dialog rencana reuni keluarga inter-Korea yang disepakati berlangsung di Desa Panmunjeom 20 hingga 25 Februari mendatang.

Awal bulan ini, kementerian melaporkan detil rencana kepada Presiden Park Geun-hye agar dasar hubungan ekonomi dan politik kedua Korea mendapat dukungan komunitas internasional demi tercapainya persatuan.

Yun mengtakan akan ada diskusi strategis lebih mendalam dengan rekan kunci Korea Selatan untuk memperkuat persatuan dengan negara menengah seperti Meksiko, Indonesia, Turki, dan Australia.

"Melalui dubes yang juga mendukung hubungan dengan Korea Utara, pesan dari komunitas internasional akan diterim baik oleh Korea Utara dan kita juga bisa berbagi pengetahuan demi kemajuan negeri," demikian pernyataan resmi Pemerintah Korea Selatan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA