Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Korea Utara Siap Uji Nuklir Tahap Empat

Sabtu 15 Feb 2014 07:44 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Bilal Ramadhan

Parade pasukan Korea Utara menyambut 60 tahun Perang Korea

Parade pasukan Korea Utara menyambut 60 tahun Perang Korea

Foto: http://totallycoolpix.com

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL--Dalam rapat dengar pendapat awal pekan ini, Menteri Pertahanan Korea Selatan, Kim Kwan-jin mengatakan Korea Utara nampaknya siap menguji coba nuklir tahap keempatnya walau tanda-tanda ujicoba itu masih samar.

''Pyongyang mengirimkan pesan ke Korea Selatan dan Amerika serikat (AS) yang isinya menyatakan mereka akan terus memutakhirkan kapabilitas nuklirnya jika Korea Selatan-AS tidak setuju dibukanya kembali dialog enam partai,'' tutur seorang sumber pemerintah kepada Korea Times, Jumat (14/2).

Pada dasarnya negara-negara enam partai setuju denuklirisasi Korea Utara sementara mereka terus mengupayakan memulai kembali forum multilateral yang digagas pada 2003 lalu.

AS, Korea Selatan, dan Jepang menentang dialog ulang enam partai tanpa komitmen kuat Pyongyang untuk menghentikan program nuklirnya. Sementara Beijing, Pyongyang, dan Moskow mendesak dibukanya kembali dialog.

Institut AS-Korea John Hopkins School mengabarkan Korea Utara sudah menyelesaikan pembangunan dua kanal untuk ujicoba nuklir bawah tanah.

Sumber : Korea Times
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA