Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

Rayuan Terakhir Angela Merkel

Sabtu 21 Sep 2013 00:02 WIB

Red: Mansyur Faqih

Angela Merkel

Angela Merkel

Foto: Tony Gentile/Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pada akhir masa kampanye, Kanselir Jerman Angela Merkel menawarkan janji kepada para pemilihnya. Yaitu, mereka berada di tangan yang aman jika dia tetap menjadi pemimpin raksasa ekonomi Eropa itu. "Jerman mengalami empat tahun yang bagus," tulisnya dalam imel kepada lima juta rumah tangga. 

Jika kembali terpilh, pemilu yang akan digelar Ahad nanti merupakan masa kekuasaan ketiganya bersama Uni Demokrat Kristen (CDU). "Kita bersama telah mencapai banyak hal. Saya juga ingin empat tahun ke depan menjadi bagus," tulis Merkel yang dipanggil "Mami" oleh rekan senegerinya selain disebut sebagai perempuan paling berkuasa di dunia.

"Jika Anda ingin saya tetap bekerja sebagai kanselir, maka berikan suara Anda untuk CDU Ahad," katanya dalam imel yang ditandanganinya dengan "Your Angela Merkel".

Jajak pendapat terakhir mengunggulkan koalisi Merkel dengan Demokrat Bebas yang probisnis (FDP), aliansi tengah-kiri Demokrat Sosial (SPD) dan kelompok Hijau.

 

"Nyonya Merkel kemungkinan besar menjadi kanselir," kata Gero Neugebauer, pakar politik dari Free University, Berlin, seperti dikutip AFP.

Pertanyaan besarnya adalah dengan siapa Merkel akan berpasangan untuk memerintah nanti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA