Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Selama Ramadhan TV Inggris Siarkan Azan

Selasa 02 Jul 2013 15:37 WIB

Rep: nur aini/ Red: Taufik Rachman

Azan (ilustrasi)

Azan (ilustrasi)

Foto: forsil.org

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Channel 4 di Inggris akan menyiarkan azan subuh selama Ramadhan. Keputusan tersebut dibuat untuk mengubah pandangan orang yang mengasosiasikan Islam dengan teror dan kekerasan.

Senior eksekutif Channel 4, Lee, mengatakan pihaknya akan menjadi chanel televisi umum Inggris pertama yang menyiarkan azan. Muazin yang mengumandangkan adzan tersebut bernama Hassen Rasool.  Channel 4 juga akan menampilkan jadwal Magrib dan Subuh untuk membantu puasa umat Muslim. Mereka juga akan menyiarkan video keseharian pemuda Muslim selama Ramadhan.

"Mendengarkan azan di Channel 4 akan menjadi sistem pengeras suara nasional, sebuah provokasi sengaja untuk semua pemirsa kita," ujar Lee dikutip Huffingtonpost.

Lee mengatakan kebanyakan pemirsa televisi tidak menyadari keyakinan umat Muslim dalam pengorbanan pribadi dan ibadah. "Tidak mengherankan ketika kamu mempertimbangkan Ramadhan hampir tidak keliatan di TV umum," ujarnya.

Dia mengatakan apa yang terlihat di televisi dengan umat Muslim hanya berkaitan dengan ekstrimis atau terorisme. "Bahkan ketika yang muncul adalah Muslim moderat, sering hanya menyediakan hal berlawanan dengan isu itu," ungkapnya.

Lee menyadari Channel 4 akan dikritik karena memusatkan perhatian pada agama minoritas. "Tapi, itulah apa yang kita lakukan di sini, memberikan ruang untuk alternatif dan suara bagi mereka yang kurang terwakili," ujar Lee.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA