Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Stan Lee Media Gugat Disney Atas Hak Cipta Marvel

Jumat 12 Oktober 2012 05:15 WIB

Red: Taufik Rachman

Marvel Heroes

Marvel Heroes

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Stan Lee Media, perusahaan yang mengontrol hak cipta karakter Marvel termasuk Spider Man dan Iron Man, menggugat Walt Disney Co di pengadilan distrik Colorado atas tuduhan mengambil "keuntungan miliaran dolar".

Stan Lee yang tidak berhubungan lagi dengan perusahaan itu telah menciptakan banyak karakter komik Marvel yang terkenal. Seperti dilansir Reuters, perusahaan tersebut mengklaim bahwa Lee memberikan hak cipta karakter yang dia buat pada mereka pada 1998. Namun, sebulan kemudian dia juga menyerahkan hak cipta yang sama pada Marvel Enterprises.

Disney mengakuisisi Marvel Enterprises yang kini bernama Marvel Entertainment pada 2009 seharga 4,3 miliar dolar.

"Perusahaan Walt Disney telah mengaku sebagai pemilik hak cipta dari karakter-karakter ini sebagaimana ratusan karakter lain yang dibuat Stan Lee," gugat mereka.

"Pengakuan dari perusahaan Walt Disney pada publik itu palsu."

Gugatan itu fokus pada film sukses Disney yang diangkat berdasarkan karakter Marvel sejak akuisisi dengan perusahaan Marvel. Salah satunya adalah "The Avengers" yang menuai keuntungan lebih dari 1.5 miliar dolar dari seluruh dunia dan menjadi urutan kedua setelah "Avatar" dan "Titanic", seperti tertera di laman Box Office Mojo.

"Gugatan ini tidak pantas," kata Walt Disney dalam pernyataannya.

Disney menyebut gugatan itu berasal dari fakta-fakta dan klaim hukum yang telah ditolak tiga hakim pengadilan distrik federal.

Stan Lee Media yang mengaku dibuat pada 1999 untuk "menuntut demi memulihkan aset yang rusak," telah terlibat dalam apa yang disebut "siksaan sejarah" dari litigasi yang terjadi sejak 2001 atas isu-isu tata kelola perusahaan dan hak karakter dalam kasus diajukan di Colorado, New York dan California.

Termasuk juga gugatan antar perusahaan, para pemegang saham, dan Lee.

Gugatan terbaru mengklaim bahwa Stan Lee Media adalah pemilik dari hak cipta "dari miliaran dolar yang dihasilkan Disney atau pihak lain". Termasuk di antaranya lebih dari 3,5 miliar dolar dari motion picture dan 2 miliar dolar dari media lain, pernak-pernik, dan acara Broadway "Spiderman: Turn off the Dark."

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES