Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Presiden Ceko Ditembak Pistol Mainan

Sabtu 29 September 2012 08:49 WIB

Red: Hazliansyah

Presiden Ceko Y.M. Vaclav Klaus

Presiden Ceko Y.M. Vaclav Klaus

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Presiden Ceko, Vaclav Klaus, mendapat luka ringan di lengan kanannya setelah seorang pria melancarkan beberapa tembakan dengan pistol mainan (pistol plastik), Jumat (28/7).

Peristiwa itu terjadi saat Klaus meresmikan jembatan di Chrastava, Bohemia Utara. Klaus sendiri menolak mengomentari kejadian itu dan tetap berada di tempat upacara untuk menyampaikan pidato.

Menurut beberapa saksi mata, tersangka berulang kali menekan pelatuk dan menembakan peluru plastik ke arah Presiden.

"Saya sedang berdiri di sebelah presiden tapi saya tak melihat apa-apa, saya tak memperhatikan apa-apa. Saya memang mendengar suara 'klik' beberapa kali tapi saya kira itu adalah suara panggung," kata Walikota Chrastava Michael setelah kejadian tersebut.

Usai acara, Klaus dilaporkan menuju Rumah Sakit Militer Pusat untuk mengobati luka ringan di lengannya.

Satu rekaman video yang ditayangkan oleh stasiun TV Ceko memperlihatkan seorang pria di antara kerumunan orang mengeluarkan pistol, mengarahkannya ke presiden yang sedang berjalan dan menekan pelatuknya beberapa kali. Klaus terlihat terkejut dan kemudian berpaling ke arah pengawalnya dengan marah.

Tersangka penembak, seorang pria berusia 26 tahun itu kemudian berhasil ditahan tak jauh dari tempat kejadian. Ia menganggap politisi di Ceko buta dan tuli terhadap keluhan rakyat dan menganggap hal itu adalah satu-satunya kesempatan bagi dia untuk menunjukkan ketidak-puasan.

Sumber : Antara/Xinhua-Oana
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA