Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Condoleezza Rice 'Serang' Obama

Jumat 31 Aug 2012 09:58 WIB

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Condoleezza Rice.

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Condoleezza Rice.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Condoleezza Rice, meluncurkan kritik keras terhadap kebijakan luar negeri Presiden Barack Obama. Menurut dia, Obama telah melakukan kesalahan besar dengan tidak melancarkan aski militer terhadap Suriah.

Pernyataan tersebut dilontarkan Rice dalam Konvensi Nasional Partai Republik AS di Tampa, Florida. Ia berkali-kali 'menyerang' Obama tanpa menyebutkan namanya secara langsung. Rice mengatakan, Obama telah menyia-nyiakan hubungan yang telah terjalin dengan sekutu-sekutu lama dan dengan sekutu-sekutu baru yang potensial.

Akibatnya, AS kehilangan kepemimpinan di perpetaan politik dunia. "Di manakah posisi Amerika? Anda sadar, ketika sekutu atau musuh pun tidak tahu jawabannya secara jelas, dunia cenderung lebih berbahaya dan menjadi tempat yang chaos," kata dia seperti dikutip ABC News dan dilansir PressTV, Kamis (30/8).

Dalam kesempatan itu, Rice terang-terangan mengkritik kebijakan Obama yang mengambil langkah mundur dari NATO dalam perang di Libia. Ia juga menyayangkan keengganan Obama untuk menggunakan opsi militer terhadap kekerasan di Suriah. "Kita tidak boleh enggan untuk memimpin," tandasnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA