Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Inilah Desakan Sekjen PBB untuk Iran

Jumat 31 Aug 2012 07:05 WIB

Red: Endah Hapsari

Fasilitas nuklir Iran

Fasilitas nuklir Iran

Foto: telegraph.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN---Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mendesak Iran agar menghilangkan keprihatinan internasional mengenai program nuklir kontroversialnya.

"Demi keamanan wilayah ini dan dunia, Iran mesti melakukan tindakan dan membangun rasa saling percaya guna menghilangkan keprihatinan internasional, yang dapat dilakukan melalui kerja sama dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA)," kata Ban.

Ban mendesak Iran menemukan penyelesaian dengan kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditamban Jerman (P5+1) mengenai sengketa nuklirnya.

Barat mencurigai Iran berusaha memperoleh kemampuan senjata nuklir, tuduhan yang dibantah oleh Teheran dan berkeras mengenai penggunaan damai energi nuklirnya dalam pertemuan tingkat tinggi dua-hari tersebut, dengan tema "Lasting Peace through Joint Global Governance".

Sekretaris Jenderal PBB itu juga berbicara mengenai Suriah dan mengatakan semua pihak yang terkait di Suriah mesti segera menghentikan kerusuhan. "Semua pemerintah di dunia mesti mendengarkan suara rakyat mereka secara sungguh-sungguh," katanya. Ia menambahkan, "Kita mesti menyelesaikan semua masalah melalui dialog, bukan bentrokan."

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA