Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Kofi Annan Rayu Iran Bujuk Suriah

Rabu 11 Apr 2012 14:34 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Didi Purwadi

Kofi Annan

Kofi Annan

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Utusan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Dunia Internasional, Kofi Annan, melakukan kunjungan ke Iran. Dia menghimbau kepada pemimpin Iran agar mendukung rencana PBB mengakhiri kekerasan di Suriah.

Annan menyadari Iran adalah sekutu dan juga kunci bagi Suriah untuk menyelesaikan konflik di negara itu. Dalam pernyataannya kepada wartawan Selasa (10/4), Annan meminta Iran untuk bersama-sama mencari solusi krisis Suriah.

"Saya dan Iran telah setuju untuk mencari solusi damai atas krisis yang terus terjadi di Suriah," ujar Annan usai pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, yang dilansir dari Associated Press, Rabu (11/4).

Ia juga sepakat bahwa setiap bentuk militerisasi terhadap konflik di Suriah akan menjadi bencana baru. Kedatangan Annan ini membawa misi PBB dan Liga Arab untuk mendorong Damaskus menarik pasukannya dari kota-kota di Suriah.  

Selain itu, Annan juga melobi Iran untuk mendorong Suriah menghentikan semua kekerasan dalam 48 jam kedepan. Ia menyuarakan optimismenya di Teheran bahwa situasi di Suriah akan semakin membaik dengan himbauan dari negara kunci seperti Iran.

Sementara, Ali Akbar Salehi menegaskan komitmennya mencari solusi bagi Suriah. "Perubahan di Suriah harus segera hadir di bawah kepemimpinan Presiden Suriah Bashar Assad," tegas Salehi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA