Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Khamenei: Kami tidak Punya Nuklir, tapi akan Lawan Agresi AS atau Zionis

Rabu 21 Mar 2012 05:41 WIB

Red: Endah Hapsari

Pemimpin Spiritual Republik Islam Iran, Ayatullah Sayyed Ali Khamenei.

Pemimpin Spiritual Republik Islam Iran, Ayatullah Sayyed Ali Khamenei.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran, Ayatullah Sayid Ali Khamenei atau Rahbar menyatakan, bangsa Iran akan mereaksi setiap kemungkinan serangan ke wilayahnya oleh AS atau Israel.

"Kami tidak memiliki senjata nuklir dan kami tidak akan memproduksi satu pun, akan tetapi kami akan mempertahankan diri melawan setiap agresi, baik oleh AS atau rezim Zionis, dengan tingkat kekuatan yang sama," kata Rahbar di hadapan masyarakat Iran di kota Masyhad, timur laut Iran, pada peringatan tahun baru kalender persia Nouruz.

Rahbar menegaskan, Washington dan sekutunya menyadari dengan baik bahwa Iran tidak memiliki dan berusaha memproduksi senjata nuklir. Adapun alasan sebenarnya di balik permusuhan mereka terhadap Iran adalah kehausan mereka untuk mengeruk minyak negara ini.

"Para pemimpin kaum arogan dunia, mereka yang bertengger di puncak kekuasaan dan kekayaan, serta antek-antek mereka di kawasan kita, berusaha untuk mengintimidasi bangsa Iran dengan segala sumber daya keuangan, propaganda dan politik mereka," tegas Ayatullah Khamenei.

Meski demikian, menurut Rahbar, semua makar musuh Iran berhasil dipatahkan pada tahun tahun lalu (kalender Iran yang berakhir pada 19 Maret) berkat kewaspadaan dan kebijaksanaan bangsa Iran.

Beliau menegaskan pula bahwa meski banyak hasutan bahwa Iran tidak mampu, akan tetapi bangsa ini telah berulang kali menunjukkan kemampuannya.

sumber : IRIB/IRNA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA