Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Pasokan Minyak Iran Berkurang, IMF: Dunia Alami Shock Hebat

Rabu 21 Mar 2012 05:38 WIB

Red: Endah Hapsari

Minyak Iran/ilustrasi

Minyak Iran/ilustrasi

Foto: uskowioniran.com

REPUBLIKA.CO.ID, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan bahwa jika pasokan minyak Iran terganggu, harga minyak mentah dunia diperkirakan akan mengalami lonjakan hingga 30 persen dan akan menimbulkan gelombang shock bagi perekonomian global.

"Jelas akan menimbulkan shock bagi perekonomian jika terjadi kekurangan dalam ekspor minyak dari Iran [dan] itu pasti akan menaikkan harga," ungkap Direktur IMF Christine Lagarde seperti dikutip AFP, Selasa (20/3).

Lagarde menambahkan bahwa, menurut perhitungan IMF, gangguan dalam pasokan minyak dari Iran dapat meningkatkan harga minyak sebesar 20 sampai 30 persen. "Kenaikan harga minyak secara mendadak dan brutal dari level minyak mentah Brent dari 125 dolar AS per barel saat ini akan berdampak serius pada perekonomian global," tambahnya.

Harga minyak global telah terus menanjak tahun ini menyusul keputusan Iran menghentikan penjualan minyak ke perusahaan Inggris dan Perancis sebagai balasan atas sanksi minyak dari Uni Eropa. Tehran telah mengumumkan hal itu mungkin juga menghentikan ekspor minyak ke negara-negara Eropa lain.

Pada tanggal 23 Januari lalu, para menteri Uni Eropa menyetujui sanksi terhadap sektor minyak dan keuangan Iran, serta membekukan aset milik bank sentral Republik Islam di Uni Eropa. Tidak hanya itu, Eropa juga melarang penjualan besi, berlian, emas, dan logam berharga lainnya ke Teheran. 

sumber : IRIB/IRNA
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA