Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tolak Islamisme, Blogger Mesir Ajak Perempuan Lepas Jilbab

Rabu 28 Dec 2011 20:21 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Chairul Akhmad

Aliaa Magda Elmahdy

Aliaa Magda Elmahdy

Foto: http://img.ibtimes.com

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Blogger Mesir, Aliaa Magda Elmahdy, punya cara satir untuk mengungkapkan rasa gusarnya terhadap meningkatnya popularitas kelompok Islam di negara-negara Arab.

Melalui akun Twitter miliknya, gadis ini memprotes Islamisme dan mendesak para perempuan untuk mengirim foto tanpa jilbab.

Ajakan Aliaa kontan memicu kontroversi di dunia Arab. Ia bahkan mendapatkan ancaman dari masyarakat negara-negara Arab berkat ajakannya itu. “Perempuan mari melepas jilbab. Saya akan mengunggah foto kalian jika anda setuju,” tulis Aliaa dalam blognya seperti dikutip ibtimes, Rabu (28/12).

Blogger berusia 20 tahun ini, bersama pacarnya sesama blogger, Kareem Amer, menerima gugatan akibat hasutannya itu. Mereka berdua dituduh memprovokasi dan menghina Islam.

Meski diprotes, tak sedikit yang mendukung ajakan Aliaa. Aktivis HAM Maryam Namazie, misalnya. Ia mendukung Aliaa dengan berinisiatif membuat kampanye menolak Islamisme serta mendukung kebebasan berekspresi dan jaminan terhadap hak-hak perempuan. Maryam juga didukung sejumlah pihak seperti blogger Greta Christina, filsuf Daniel Salvatore Schiffer, Kolumnis Joan Smith dan komedian Shabana Rehman.

Aliaa yang juga mengunggah foto telanjangnya dalam blognya itu mendapat dukungan dari blogger Lusia Samora Batista. Dalam blognya, Aliaa mencela "ketidakadilan" atas dasar jenis kelamin, warna kulit, agama, kebangsaan atau alasan lainnya.




BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA