Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Iran Buka Pameran, Isinya Pesawat Mata-mata AS dan Israel

Kamis 15 December 2011 08:58 WIB

Red: Djibril Muhammad

Pesawat pengintai tanpa awak (drone) buatan AS yang ditangkap Iran

Pesawat pengintai tanpa awak (drone) buatan AS yang ditangkap Iran

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Iran berencana untuk memamerkan beberapa pesawat mata-mata Amerika Serikat dan Israel yang telah diambil alih dalam waktu dekat, kata kantor berita semi-resmi Mehr pada Rabu (14/12).

Para wartawan nasional dan duta besar asing yang berbasis di ibu kota Iran Teheran akan diizinkan untuk mengunjungi pameran itu, kata sumber informasi seperti dikutip Mehr.

Menurut sumber itu, pesawat-pesawat tak berawak asing yang telah dimiliki Iran mencakup empat pesawat mata-mata Israel dan tiga Amerika Serikat.

Keempat pesawat tak berawak Israel yang sekarang dimiliki Iran telah melanggar wilayah udara negara itu di sepanjang perbatasan timur, sedangkan tiga pesawat tak berawak Amerika Serikat telah merambah ke wilayah udara negara itu di sepanjang perbatasan timur dan selatan.

Pada awal bulan ini, media Iran melaporkan bahwa pesawat pengintai Amerika ditembak jatuh oleh Angkatan Bersenjata Republik Islam di Iran timur setelah melampaui perbatasan Iran. Televisi pemerintah Iran pekan lalu menunjukkan rekaman dari pesawat siluman tersebut.

Para pejabat Amerika Serikat membantah pesawat itu ditembak jatuh oleh Iran, dan bersikeras pesawat RQ-170, pesawat tak berawak yang digunakan untuk pengintaian dan pengawasan oleh Amerika Serikat di Afghanistan, jatuh karena masalah mekanis.

Namun laporan Mehr pada Rabu tidak mengatakan apakah pameran akan mencakup pesawat AS RQ-170 itu. Pada Januari, Iran mengklaim bahwa mereka telah menembak jatuh pesawat-pesawat Amerika Serikat, Inggris dan Israel di Teluk Persia beberapa kali selama tahun-tahun terakhir.

Sumber : Antara/Xinhua-OANA
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

REPUBLIKA TV

Republika.co.id

Jumat , 17 August 2018, 09:58 WIB