Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Arkeolog Temukan Makam Bangsawan dari Dinasti ke-18 Mesir

Sabtu 20 Apr 2019 16:42 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Gita Amanda

makam mesir kuno

makam mesir kuno

Foto: versesofuniverse
Makam diperkirakan berusia 3.500 tahun dan diyakini milik penguasa kerajaan Segel.

REPUBLIKA.CO.ID, LUXOR -- Para arkeolog memperkenalkan sebuah makam besar yang berasal dari dinasti ke-18 Mesir kuno di tepi barat kota Luxor, Mesir. Makam yang diperkirakan berusia 3.500 tahun itu memiliki luas ruangan 450 meter persegi dan memiliki 18 gerbang masuk. Diyakini makam itu milik seorang bangsawan bernama Shedsu-Djehuty.

Baca Juga

“Bangsawan itu adalah penguasa kerajaan Segel, (raja dari) raja-raja Mesir kuno dari hulu sampai hilir di Mesir,” kata Sekretaris Jendral Dewan Tinggi Barang Antik Mesir, Mostafa Waziri seperti dilansir Al Arabiya, pada Sabtu (20/4).

Para arkeolog mulai merenovasi makam itu setelah ditemukan pada 2018. Arkeolog menemukan halaman besar, ubin lantai berwarna-warni dengan lukisan dinding yang menggambarkan berbagai kegiatan pada masa itu termasuk pembuatan kapalan kegiatan berburu.

Tepi barat sungai Nil tepatnya di kota Luxor merupakan pemakaman bagi para raja-raja terdahulu. Tempat dimana para Firaun dan bangsawan kerajaan dimakamkan. Dan Dinasti ke-18 adalah yang pertama dari dinasti kerajaan baru.

Makam tersebut menjadi yang teranyar dari makam yang diperkenalkan Kementerian Barang Antik Mesir. Mesir berusaha untuk menarik wisatawan yang menjadi sumber pendapatan yang penting, sebab jumlah wisatawan sempat turun tajam terutama setelah pemberontakan negara 2011.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA