Kamis, 15 Zulqaidah 1440 / 18 Juli 2019

Kamis, 15 Zulqaidah 1440 / 18 Juli 2019

Juru Bicara Vatikan Tiba-Tiba Mundur

Senin 31 Des 2018 21:09 WIB

Red: Nidia Zuraya

Gereja Vatikan

Gereja Vatikan

Foto: kenraggio.com
Tidak disebutkan alasan pegunduran diri juru bicara Vatikan ini

REPUBLIKA.CO.ID, VATICAN CITY -- Juru bicara Vatikan beserta wakilnya pada Senin (31/12) mengundurkan diri secara tiba-tiba, menurut sebuah pernyataan resmi. Pernyataan itu tidak menyebutkan alasan di balik pengunduran diri Greg Burke, warga Amerika, serta Paloma Garcia Ovejero, warga Spanyol.

Mereka mundur dua pekan setelah Paus Fransiskus mengangkat Andrea Tornielli, seorang wartawan Italia dan teman pribadinya, menjadi direktur editorial untuk seluruh urusan komunikasi Vatikan.

"Saya dan Paloma sudah mengundurkan diri, terhitung mulai 1 Januari. Pada masa peralihan menyangkut urusan komunikasi Vatikan ini, kami beranggapan bahwa, adalah yang terbaik jika Bapak Suci (Paus Fransiskus, red) dapat benar-benar bebas membentuk tim baru," cuit Burke.

Burke, 59 tahun, adalah seorang mantan wartawan berkedudukan di Roma untuk Fox News. Ia bergabung dengan Vatikan pada 2012 sebagai penasihat Sekretariat Negara Vatikan dan kemudian menjadi juru bicara Vatikan pada 2016.

Burke merupakan anggota sebuah kelompok Katolik konservatif, Opus Dei. Adapun Paloma Garcia Ovejero, 43, pernah menjadi wartawan jaringan radio Spanyol COPE. Ia merupakan salah satu perempuan yang memiliki jabatan tertinggi di Vatikan.

Vatikan mengatakan bahwa Alessandro Gisotti, seorang wartawan Italia yang diyakini memiliki hubungan dekat dengan Tornielli, akan ditunjuk sebagai juru bicara sementara.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA