Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 Desember 2018

Kurangnya Salju Rusak Citra Lapland Finlandia

Rabu 05 Des 2018 06:10 WIB

Red: Nidia Zuraya

Kawasan wisata Lapland di Finladia.

Kawasan wisata Lapland di Finladia.

Foto: wikimedia.org
Lapland Finlandia dikenal di kalangan wisatawan sebagai white snow winter wonderland

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Wisatawan musim dingin ke Lapland Finlandia telah kecewa akibat kondisi tidak biasa kurangnya salju pada musim dingin tahun ini. Wisatawan dari Inggris lah yang paling kecewa.

Beberapa penyelenggara wisatawan Inggris telah membatalkan penerbangan pesawat sewaan mereka. "Di antara sebelas pesawat sewaan yang mulanya direncanakan mendarat di Enontekio, bagian barat-laut Lapland selama satu pekan belakangan, hanya tiga benar-benar terbang ke wilayah tersebut," kata lembaga penyiaran nasional Finlandia, Yle.

Joni Nojonen, Direktur Bandar Udara Tornio, mengatakan kepada Yle bahwa salah satu penerbangan Enontekio dibatalkan ketika pesawat sudah lepas-landas dari Inggris, demikian laporan Xinhua, Selasa (4/12). Nojonen menggaris-bawahi bahwa kondisi di bandar udara tidak menyebabkan pembatalan.

Kegiatan penyewaan pesawat pada Desember dari Inggris telah menjadi kecenderungan yang meluas selama dua dasawarsa. Lapland Finlandia dipasarkan di Inggris, terutama sebagai white snow winter wonderland. Pada awal November, penulis perjalanan Inggris menggambarkan Lapland sebagai crapland.

Kurangnya salju belum mempengaruhi arus kedatangan wisatawan dari benua dan negara lain. Dalam pemasaran untuk orang Asia, kemungkinan menyaksikan Northern Lights telah ditonjolkan, dan salju tidak mempengaruhi keberadaan Northern Lights.

Northern Lights sesungguhnya makin terlihat dengan latar-belakang kegelapan.

Lembaga Meteorologi Finlandia sebelumnya mengatakan kepada Yle bahwa pada November ketinggian salju di Lapland lebih tipis sejak pengukuran dimulai pada 1961. Namun ada perbedaan kondisi setempat.

Juha-Pekka Mikkola, seorang pengusaha yang menawarkan kegiatan kepada wisatawan, mengatakan kepada Yle bahwa program pilihan telah disiapkan, tapi layanan yang telah dibayarkan juga telah dikembalikan. Naik kereta luncur yang ditarik oleh anjing eskimo telah diganti dengan andong yang ditarik anjing eskimo.

Yle melaporkan bahwa di beberapa hotel pariwisata salju dari musim dingin lalu telah disimpan. Tapi salju itu hanya digunakan dalam beberapa hari saat temperatur di bawah nol, sebab dalam cuaca hangat salju tersebut akan mencair dengan cepat.

Penyedia layanan juga telah membeli salju. Untuk pekan menjelang Natal dan saat Natal, sebanyak 700 pesawat sewaan telah direncanakan. Pesawat itu direncanakan mendarat di Bandar Udara Kittila, Rovaniemi, Ivalo, Enontekio, dan Kuusamo.

Sumber : Antara/Xinhua
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengenang Tragedi Rawagede Karawang

Selasa , 11 Des 2018, 23:21 WIB