Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Sabtu, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Taliban akan Berunding dengan Afghanistan di Moskow

Rabu 22 Agustus 2018 12:18 WIB

Red: Nidia Zuraya

Pejuang Taliban Afghanistan

Pejuang Taliban Afghanistan

Foto: khanfactor.com
Perundingan ini akan dihadiri perwakilan dari 12 negara, termasuk Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kelompok bersenjata Taliban berencana ikut dalam perundingan perdamaian dengan Pemerintah Afghanistan di Moskow. Perundingan tersebut kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavor seperti dikutip kantor berita Interfax, Selasa (21/8), akan digelar pada 4 September 2018.

Dalam pernyataannya, Lavrov mengatakan bahwa Rusia memainkan peranan penting dalam penyelesaian konflik di Afghanistan dengan mengundang 12 negara, termasuk Amerika Serikat, untuk menghadiri perundingan internasional itu.

Moskow mengaku mendukung langkah Pemerintah Afghanistan yang meminta gencatan senjata selama tiga bulan. Namun di sisi lain, Rusia menyesali sikap Afghanistan yang menolak tawaran tersebut pada Senin lalu.

Sebelumnya, pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia, Zamir Kabulov, pada Senin (20/8) mengatakan pihaknya telah mengundang Taliban dalam perundingan damai meski kelompok tersebut masuk dalam daftar organisasi teroris dalam catatan pemerintahan Kremlin.

Sementara itu, Duta Besar Afghanistan untuk Rusia Abdul Kayum Kuchai menyambut baik keterlibatan Taliban dalam perundingan internasional di Moskow itu, kata kantor berita RIA. Rusia sempat menggelar perundingan internasional serupa pada April 2017. Namun, Amerika Serikat pada saat itu tidak hadir, kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Sumber : Antara/Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES