Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Wednesday, 5 Rabiul Akhir 1440 / 12 December 2018

Erdogan Menang, Warga Turki di Eropa Turun ke Jalan

Senin 25 Jun 2018 11:04 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Bilal Ramadhan

Presiden Turki dan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) Recep Tayyip Erdogan menyapa para pendukungnya sebelum pidato balkonnya di markas Partai AK yang berkuasa di Ankara, Turki pada Senin (25/6).

Presiden Turki dan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) Recep Tayyip Erdogan menyapa para pendukungnya sebelum pidato balkonnya di markas Partai AK yang berkuasa di Ankara, Turki pada Senin (25/6).

Foto: Anadolu Agency
Di Jerman dan Austria, para warga Turki turun ke jalan merayakan kemenangan Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kemenangan Recep Tayyip Erdogan dalam pemilihan presiden Turki dirayakan para pendukungnya di sejumlah negara Eropa. Para anggota the Union of International Democrats dan Fikri Asim Association, dua organisasi yang merepresentasikan Turki di Inggris, merayakan kemenangan Erdogan.

Di Jerman, pendukung Justice and Development Party (AK Party) turun ke jalan-jalan di Berlin dan Kerpen, dekat Cologne, meneriakkan slogan-slogan dan membunyikan klakson mobil mereka menyambut kemenangan Erdogan. Erdogan merupakan pejawat yang diusung AK Party dalam pilpres kali ini.

Partai tersebut berkoalisi dengan partai sayap kanan Republican People's Party dan membentuk aliansi People's Alliance. Tidak hanya di Jerman dan Inggris, simpatisan Erdogan di Prancis pun turut merayakan kemenangannya.

Dikutip laman Anadolu, sekelompok warga Turki berkumpul di Turkish-French Institute di Paris sambil mengibar-ngibarkan bendera Turki dan AK Party. Di Makedonia, ratusan pendukung Erdogan berkumpul di Skopje.

Mereka bersukacita menyambut kemenangan Erdogan dalam pilpres Turki. Para pendukung Erdogan di Swiss pun turut merayakan kemenangannya. Mereka turun ke jalanan Zurich sambil mengibarkan bendera Turki.

Di Austria, warga Turki yang tinggal di ibu kota Wina juga bersukacita atas keberhasilan Erdogan dalam pemilihan presiden. Sama seperti di negara-negara lain, mereka juga mengibarkan bendera dan meneriakkan slogan-slogan yang mendukung Turki dan Erdogan.

Komisi Pemilihan Umum Turki telah mengumumkan hasil pilpres yang digelar pada Ahad (24/6). Berdasarkan hasil penghitungan resmi, Erdogan meraih kemenangan mutlak, dari persentase perolehan suara yang masuk mencapai sekitar 97 persen.

Setelah pengumuman hasil tersebut, Erdogan menyatakan akan bekerja dan berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan janji kampanyenya. "Mulai besok kami akan mulai bekerja untuk mewujudkan janji kami kepada masyarakat," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES