Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Putin Puji Keberanian Trump Bertemu Kim Jong-un

Rabu 06 Jun 2018 14:27 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah

Vladimir Putin

Vladimir Putin

Foto: EPA/Sergei Chirikov
Putin berharap pertemuan menghasilkan hal yang positif.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin memuji keberanian Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Putin mengatakan, keputusan Trump merencanakan pertemuan dengan Kim adalah keputusan yang menunjukkan sikap kedewasaan.

"Saya masih berharap pertemuan ini, hasil dari keputusan yang sangat berani dan matang yang dibuat Presiden AS Donald Trump untuk melakukan kontak langsung dengan pemimpin Korut Kim Jong-un, akan benar-benar terjadi. Kita semua mengharapkan hasil yang positif," kata Putin dalam sebuah wawancara dengan China Media Group, Rabu (6/6).

Putin kemudian mengomentari usulan pertemuannya dengan Trump, yang menurutnya akan sulit dilakukan dalam waktu dekat. Ia sendiri akan mengambil bagian dalam pertemuan puncak Organisasi Kerja Sama Shanghai akhir pekan ini.

Pada Maret lalu Trump mengatakan, ia dan Putin akan segera mengadakan pertemuan. Namun sejak itu hubungan Washington dan Moskow justru semakin memburuk terkait konflik Suriah dan insiden serangan terhadap mantan mata-mata Rusia di Inggris.

KTT bersejarah antara AS dan Korut itu akan berlangsung pada 12 Juni mendatang di Singapura. Pertemuan ini merupakan putaran terbaru dalam upaya diplomatik tinggi yang dilakukan oleh AS untuk membatasi program senjata nuklir Pyongyang.

Baca juga: Singapura Siapkan Medali Khusus KTT Trump-Kim

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA