Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Kerjai Tunawisma, Youtuber Terancam Dua Tahun Penjara

Sabtu 21 April 2018 07:45 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Teguh Firmansyah

YouTube

YouTube

Foto: EPA
Kanghua memberikan biskuit yang diisi pasta gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Seorang Youtuber asal Cina yang tinggal di Spanyol, Kanghua Ren (20) terancam hukuman dua tahun penjara setelah merekam video dirinya mengerjai seorang tunawisma. Kanghua Ren, dikenal dengan nama Youtube ReSet memiliki lebih dari satu juta pelanggan di akun miliknya.

Di dalam video yang diunggah di Youtube tersebut, Kanghua memberikan biskuit yang diisi pasta gigi. Pada aksinya, setelah mengganti selai pada biskuit dengan pasta gigi, ia memasukan kembali biskuit tersebut pada bungkus aslinya lalu memberikannya pada tunawisma.

"Mungkin aku keterlaluan, tapi coba lihat sisi positifnya. Gigi dia bisa lebih bersih. Pasti giginya belum dibersihkan sejak dia jadi miskin," kata Kanghua.

Korban Kanghua, adalah seorang tunawisma berusia 52 tahun dengan nama Gheorge L. Setelah memberikan sebungkus biskuit tersebut, Kanghua lalu mengatakan sesuatu dalam video yang ia rekam.

Seperti dilansir di Independent, jaksa mengatakan Kanghua kemudian menghapus video tersebut dan memberikan uang 300 euro sebagai ongkos tutup mulut. Ia tidak ingin tunawisma tersebut merusak nama baiknya.

Jaksa menuntut Kanghua dua tahun penjara dan membayar denda 30 ribu euro. Ia dituntut atas kejahatan terhadap integritas moral.

Tunawisma tersebut mengatakan ia tidak mengetahui Kanghua adalah orang yang dikenal melalui Youtube. Ia juga mengatakan tidak pernah diperlakukan seperti itu selama ia menjadi tunawisma.

"Setelah lima menit saya merasa tidak enak badan lalu muntah," kata Gheorge menjelaskan.

Penonton Youtube Kanghua mengungkapkan kemarahannya atas video tersebut. Ternyata ini bukan pertama kalinya Kanghua mengerjai orang lain. Sebelumnya, ia memberikan roti yang isinya berupa kotoran kucingnya kepada anak-anak dan orang tua.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES