Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Korsel, Jepang, dan Cina Bertukar Promosi Budaya

Jumat 30 Aug 2019 13:45 WIB

Red: Nur Aini

Peta Kawasan Asia Timur

Peta Kawasan Asia Timur

Pertukaran budaya Korsel, Jepang, dan Cina terjadi dalam ketegangan tiga negara.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Para menteri kebudayaan dari Korea Selatan, Jepang serta China sepakat meningkatkan pertukaran budaya dan kerja sama sektor lainnya kendati terjadi ketegangan baru-baru ini atas perdagangan dan sejarah bersama mereka.

Baca Juga

Pertemuan mereka di Pelabuhan Incheon Korea Selatan berlangsung di tengah kemelut soal perdagangan dan pertikaian diplomatik antara Jepang dan Korsel, serta persaingan kawasan yang semakin gencar dengan Cina. Tiga negara itu mempromosikan pertukaran budaya. Namun, pandangan berbeda mengenai sejarah bersama mereka, seperti legasi pendudukan Jepang di Korea dan sebagian Cina, kerap menghambat upaya tersebut.

Menteri Park Yang-woo (Korsel), Menteri Masahiko Shibayama (Jepang) dan Menteri Luo Shugang (Cina) menjanjikan lebih banyak pertukaran budaya, olah raga maupun warga selama 10 tahun mendatang. Dalam periode itu, Jepang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020. Sementara itu, Olimpiade Musim Dingin 2022 akan digelar di Beijing.

"Ketiga negara memperjelas bahwa pertukaran budaya dan kerja sama di masa depan harus dilakukan berdasarkan prinsip saling menghormati dan timbal balik melalui promosi keragaman budaya dan perdamaian di Asia Timur," menurut para menteri dalam pernyataan bersama.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA