Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Kemeriahan Pemilu 2019 di Mata Media Asing

Rabu 17 Apr 2019 15:17 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Sejumlah warga menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) bertemakan Kampoeng Pemilu Nusantara di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/4).

Sejumlah warga menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) bertemakan Kampoeng Pemilu Nusantara di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/4).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah media asing menyoroti Pemilu 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan umum di Indonesia yang digelar pada Rabu (16/4) menghiasi pemberitaan media-media internasional. Media asing menyoroti pemilu di Indonesia sebagai pemilu satu hari terbesar di dunia.

Baca Juga

Media Inggris, BBC dalam beritanya berjudul 'Indonesia election: Millions vote in 'identity-defining' poll' mengatakan, pemilihan presiden di Indonesia tahun ini merupakan pemilihan ulang pemilu 2014, dengan Presiden Joko Widodo yang berkuasa menghadapi mantan jenderal Prabowo Subianto.  

Media Inggris lainnya, The Guardian menuliskan besar jumlah pemilih di Indonesia yang menggunakan hak suaranya di pemilu Indoneisa. Dengan judul 'Indonesia's biggest election under way as 193 million march to polls' Guardian menuliskan, puluhan juta rakyat Indonesia mulai memberikan suara untuk presiden baru dan lebih dari 20 ribu kursi legislatif di negara terbesar.

"Di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, juga negara mayoritas Muslim terbesar, hampir 193 juta orang Indonesia terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk memilih yang tersebar di 17 ribu pulau," tulis Guardian.

Kantor berita Reuters menulis dengan judul 'Polls close in Indonesia, next president should be clear within hours'. "Pemungutan suara selama delapan jam di seluruh negara yang membentang lebih dari 5.000 km (3.000 mil) dari ujung barat ke timur Indonesia, merupakan prestasi logistik Herculean (yang sangat sulit) untuk ketahanan demokrasi dua dekade setelah otoritarianisme dikalahkan," demikian tulis Reuters di paragraf keduanya.

Sementara media Timur Tengah, Aljazirah juga mengupas pemilu Indonesia dalam halaman luar utama beritanya yang berjudul 'Indonesians await 'quick count' after country's biggest election'. 

"Voting telah berakhir dalam pemilihan presiden dan legislatif Indonesia, dengan puluhan juta orang memberikan suara tanpa hambatan," tulis Aljazirah. "Hasil awal berdasarkan "penghitungan cepat" atau suara yang dihitung secara publik di TPS diharapkan akan mulai bergulir dalam dua jam usai pencoblosan pada pukul 1 siang."

Media Singapura The Strait Times, menampilkan live streaming Pemilu Indonesia mulai dari pemberitaan serba serbi TPS unik, para tokoh dalam membeberikan suaranya, seperti Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto, KH Ma'aruf Amin, dan Sandiaga Uno. Ada pula disoroti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut diberitakan usai menggunakan hak suaranya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA