Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Petir Picu Kebakaran Hutan di Cina, 27 Petugas Damkar Tewas

Sabtu 06 Apr 2019 11:04 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah

Kebakaran hutan/ilustrasi

Kebakaran hutan/ilustrasi

Foto: wikimedia
Sambaran petir mengenai pohon pinus hingga membelahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sambaran petir memicu kebakaran hutan di pegunungan barat Cina di Muli, Provinsi Sichuan pada bulan lalu. Pihak berwenang mengatakan setidaknya 27 petugas pemadam kebakaran (damkar), serta empat warga dalam kejadian itu tewas.

Kebakaran disebut terjadi akibat dampak dari angin, udara kering, dan terdapat beberapa bahan yang mudah terbakar di lokasi kejadian. Kejadian ini menjadi salah satu kebakaran hutan yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan laporan saksi mata, sambaran petir mengenai pohon pinus sepanjang 18 meter hingga membelahnya. Pohon yang jatuh itu memicu titik-titk api yang kemudian menyebar ke bagian tebal tanaman yang membusuk di tanah atau diknal sebagai humus.

Petugas pemadam kebakaran yang selamat dalam kejadian ini mengatakan api menyebar begitu cepat. Hanya dalam hitungan detik, pohon-pohon di area punggung bukit habis terbakar. Bahkan, terlihat seperti kebakaran yang dibuat dengan sengaja oleh manusia dengan menggunakan alat penyembur api yang besar.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA