Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Gempa 6,1 SR Guncang Iran

Ahad 26 Aug 2018 08:15 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nidia Zuraya

Gempa bumi (ilustrasi)

Gempa bumi (ilustrasi)

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Getaran gempa dirasakan hingga Baghdad, Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, KERMANSHAH -- Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa dangkal dengan kekuatan 6,1 skala ritcher (SR) terjadi di Iran pada Ahad (26/8) waktu setempat. Gempa tersebut melanda sekitar 55 mil atau 88 kilometer barat laut ibukota Kermanshah, Provinsi Teheran, Iran Barat.

USGS mengatakan, pusat gempa berjarak enam mil. Akibat gempa 6,1 SR ini dilaporkan satu orang tewas dan 58 orang terluka.

Kantor berita Tasnim melaporkan korban berada di kota Tazehabad, wilayah timur laut Kermanshah. Dua gempa susulan di atas 3,0 SR juga tercatat terjadi di wilayah itu.

"Gempa ini terasa hingga Baghdad," menurut televisi pemerintah Irak.

Hingga kini belum ada laporan langsung mengenai kerusakan yang terjadi ataupun korban di Baghdad yang juga tersasa gempa. TV pemerintah Irak menambahkan, tidak ada cedera yang teridentifikasi sebagai akibat dari gempa di Irak.

November lalu, gempa berkekuatan 7,3 melanda desa-desa dan kota-kota di provinsi Kermanshah di sepanjang perbatasan pegunungan dengan Irak. Gempa yang terjadi saat itu, menewaskan sedikitnya 530 orang dan melukai ribuan lainnya. gempa tersebut merupakan gempa paling kuat di Iran dalam lebih dari satu dekade.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA