Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Malaysia Segera Publikasikan Laporan Final Pencarian MH370

Sabtu 21 July 2018 17:03 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya

Pencarian ekstensif gagal untuk menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.

Pencarian ekstensif gagal untuk menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.

Foto: Reuters/Andrew Winning
Pesawat Malaysia Airline MH370 hilang pada Maret 2014

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia akan merilis laporan lengkap dan final tentang hilangnya Malaysia Airlines Flight MH370 akhir bulan ini. Setelah penerbitan laporan tersebut, proses pencarian bangkai pesawat akan dihentikan.

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengatakan, saat laporan dirilis, tim investigasi akan memberi penjelasan singkat kepada keluarga korban. Setelah sesi tertutup, akan digelar konferensi pers yang dipimpin ketua tim investigasi MH370 Kok Soo Choon.

"Setiap kata yang dicatat oleh tim investigasi akan diajukan dalam laporan ini. Kami berkomitmen terhadap transparansi laporan ini. Laporan akan ditundukan sepenuhnya, tanpa pengeditan, penambahan, atau redaksi," kata Loke pada Jumat (20/7), dikutip laman the Straits Times.

Laporan tersebut akan dilipatgandakan. Sebanyak seribu salinan akan diberikan kepada keluarga, organisasi media terakreditasi, dan misi asing di Malaysia. "Seluruh komunitas internasional akan memiliki akses terhadap laporan itu," ujar Loke.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan proses pencarian MH370 akan dilanjutkan bila petunjuk-petunjuk baru diungkap. Bila momen itu tak juga tiba, pencarian akan tetap dihentikan.

Pada Januari lalu Pemerintah Malaysia menyetujui upaya terbaru untuk menemukan puing-puing atau bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudera Hindia. Misi pencarian ini dilakukan oleh perusahaan eksplorasi dasar laut asal Amerika Serikat (AS) Ocean Infinity.

Ocean Infinity menanggung semua biaya selama proses pencarian bangkai pesawat dilakukan. Perusahaan tersebut hanya akan menerima bayaran dari Pemerintah Malaysia jika betul-betul berhasil menemukan bangkai pesawat MH370. Pemerintah Malaysia memutuskan menghentikan proses.pencarian pada akhir Mei lalu.

Pesawat Malaysia Airline MH370 hilang pada Maret 2014. Pesawat dengan rute Kuala Lumpur-Beijing ini mengangkutt 227 penumpang dan 12 awak. Pesawat tersebut diperkirakan telah berpindah ribuan mil jauhnya dari Samudra Hindia selatan sebelum membentur pantai Australia Barat. Hilangnya pesawat MH370 telah menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES