Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

Tiga Warga Tewas Terkena Bangunan Runtuh di India

Rabu 18 Jul 2018 15:08 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Friska Yolanda

Sebuah bangunan berlantai enam di Greater Noida, dekat New Delhi di India roboh.

Sebuah bangunan berlantai enam di Greater Noida, dekat New Delhi di India roboh.

Foto: AP/Altaf Qadri
Bangunan roboh merupakan peristiwa yang kerap terjadi di musim penghujan di India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Sebuah gedung berlantai enam di Greater Noida, dekat New Delhi di India roboh. Insiden itu telah menewaskan tiga orang, tetapi diperkirakan korban akan terus bertambah. 

"Kami belum mengetahui secara pasti berapa banyak orang yang berada di gedung saat kejadian," ujar Kepala Pemadam Kebakaran setempat Arun Kumar Singh, seperti dilansir Channel News Asia.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Polisi India Ram Kumar mengatakan, telah mengevakuasi dua jasad dari dasar reruntuhan. "Namun, sulit untuk mengungkapkan berapa banyak lagi korban yang akan ditemukan," kata Ram Kumar.

Bangunan tersebut merupakan tempat tinggal bagi lusinan keluarga India. Namun, Kumar mengatakan, berdasarkan keterangan warga sekitar, tidak banyak keluarga yang tengah menempati gedung runtuh yang telah dibangun beberapa tahun lalu itu.

Dia melanjutkan, bangunan mayoritas dihuni oleh pekerja. Meski demikian, media setempat menyebut setidaknya ada sekitar 50 orang yang terjebak di dalam bangunan runtuh tersebut.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab runtuhnya bangunan berlantai enam tersebut. Aparat setempat masih melakukan penyelidikan terkait hal tersebut. Namun, Kumar mengatakan, bangunan runtuh menyusul lemahnya fondasi gedung tersebut.

Satuan Tugas Bencana Nasional India diperintahkan untuk mengerahkan semua bantuan yang diperlukan ke lokasi bencana. Mereka diminta untuk segera memberikan pengobatan dan membagikan pasokan kepada para korban.

Kepala Pasukan Tanggap Bencana Nasional India PK Srivastava mengatakan, sekitar 100 orang terlibat dalam upaya penyelamatan malam panjang menggunakan crane untuk membersihkan puing-puing. Tim evakuasi juga menggunakan anjing guna melacak warga selamat, tetapi hingga saat ini belum menemukan siapa pun.

Greater Noida adalah salah satu dari sekumpulan daerah yang bermunculan di sekitar ibu kota India selama beberapa dekade terakhir. Kawasan itu merupakan lokasi residensial dan komersial di mana banyak di antaranya adalah bangunan yang belum selesai karena kurangnya dana atau persetujuan dari pemerintah setempat.

Kepolisian mengatakan, bangunan runtuh di India merupakan hal yang kerap terjadi selama musim penghujan. Ini disebabkan penggunaan material bangunan yang buruk saat membangun gedung-gedung yang ada.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES